home

Rabu 26 Okt, 2016

Gara-gara Luka Di Kaki, Bakteri Pemakan Daging Masuk Gerogoti Tubuh Pria Ini

Jakarta, Musibah menimpa Michael Funk (67) dari Maryland, Amerika Serikat (AS), yg cuma karena luka kecil di kakinya harus kehilangan nyawa. Niat berlibur di pantai berubah jadi bencana saat ada bakteri pemakan daging bernama Vibrio vulnificus diam-diam menginfeksi luka.

Dilaporkan oleh Nature World News, setelah kembali dari pantai pada tanggal 11 September, Michael mengalami rasa sakit luar wajar di kaki dan muntah-muntah. Oleh sang istri ia pun dilarikan ke rumah sakit di mana dokter mengangkat kulit yg terinfeksi dan selanjutnya mengamputasi kakinya dalam upaya mencegah agar infeksi tidak menyebar.

Namun sayang bakteri telah masuk ke dalam aliran darah menyebar dgn cepat. Hanya dalam waktu empat hari setelah terinfeksi Michael akhirnya meninggal dunia.

Baca juga: 5 Fakta Unik Tentang Parasit Pengendali Otak Toksoplasma

Menurut Lembaga Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) bakteri V. vulnificus sendiri wajar ditemukan di perairan laut hangat. Orang-orang mampu terinfeksi lewat beberapa cara merupakan mengkonsumsi makanan laut yg terkontaminasi atau lewat luka yg terpapar air laut seperti pada problem Michael.

Seseorang yg mengonsumsi makanan terkontaminasi V. vulnificus mampu terkena gejala diare, kram perut, mual, muntah, dan demam. Sementara itu orang yg terinfeksi lewat luka mampu alami sepsis parah di mana tekanan darah badan bisa menurun drastis berujung pada kegagalan berbagai organ dan kematian.

Meski terdengar menyeramkan berdasarkan CDC sangat jarang sebetulnya V. vulnificus bisa menyebabkan perkara serius. Dari 80 ribu orang di Amerika Serikat yg sakit karena bakteri tersebut tiap tahun, cuma sekitar 100 orang meninggal karena infeksi.

Mengapa dua orang dapat meninggal akibat infeksi kemungkinan karena daya tahan tubuhnya sedang tak bagus. Pada problem Michael misal kemungkinan ia milik penyakit yang lain ditambah dgn faktor umur membuat sistem imunnya kewalahan menghadapi bakteri.

Untuk menghindari infeksi V. vulnificus CDC menyarankan seseorang menutup luka terlebih dulu dgn perban kebal air jika memang ada. Selain itu masak masakan laut sampai benar-benar matang sebelum dikonsumsi.

Baca juga: Sepsis Anak dan Penanganannya(fds/up)
Sumber: http://health.detik.com
Terimakasih telah membaca tulisan kami seputar Kesehatan dengan tema Gara-gara Luka di Kaki, Bakteri Pemakan Daging Masuk Gerogoti Tubuh Pria Ini. Semoga bacaan tersebut bermanfaat dan dapat memperbanyak pandangan sobat semua. Salam Kesehatan Indonesia.