home

Selasa 25 Okt, 2016

Soal Penolakan IDI Terhadap Program Dokter Layanan Primer, Ini Kata Menkes

Jakarta, Program Dokter Layanan Primer (DLP) menuai penolakan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Perwakilan IDI di dua daerah pun menggelar aksi demonstrasi. Bagaimana tanggapan Menteri Kesehatan Nila Moeloek terkait hal ini?

“DLP ialah UU Pendidikan Dokter yg telah dilakukan. Kemudian mereka (IDI) telah ajukan yudisial review ke MK tetapi telah ditolak. Pemerintah tetap menjalankan,” kata Menkes Nila, Selasa (25/10/2016).

Menkes Nila melanjutkan, seandainya melihat kontennya, DLP yaitu pelayanan di fasilitas kesehatan primer yg sama dgn dokter keluarga. Dengan demikian status kesehatan di tingkat keluarga dapat ‘dijaga’ dan sistem rujukan mesti berlaku.

Baca juga: Tolak Program Layanan Primer, Ratusan Dokter di Solo Gelar Aksi

“Jangan rujukan ke rumah sakit ini jadi kebablasan, kalau begitu nanti BPJS kelimpungan,” ujar Menkes Nila.

Seperti diketahui, ada sistem rujukan buat memperkuat layanan kesehatan. Dikatakan Menkes Nila, dalam sistem rujukan berjenjang membutuhkan dokter Puskesmas yg betul-betul dapat menjadi ‘penjaga gawang’ yg bisa menetapkan pasien perlu dirujuk atau tidak.

“Perlu ilmu-ilmu tambahan misal mata merah selalu belekan, itu konjungtivitis dan tak perlu dirujuk. Kalau mata merah tanpa belek, ada sakit kepala, ini nggak main-main dan memang perlu dirujuk. Untuk yg milik penyakit hipertensi juga cukup dicek di Puskesmas, kalau kondisinya jauh lebih berat, baru dirujuk,” pungkas Menkes.

Soal Penolakan IDI Terhadap Program Dokter Layanan Primer, Ini Kata MenkesFoto: Grandyos Zafna

Baca juga: IDI Jawa Timur Juga Gelar Aksi Menolak Program Dokter Layanan Primer

Punya pendapat soal kontroversi Dokter Layanan Primer? Tuliskan di kolom komentar ya!

(rdn/up)
Sumber: http://health.detik.com
Terimakasih telah membaca artikel kita seputar Kesehatan dengan tema Soal Penolakan IDI Terhadap Program Dokter Layanan Primer, Ini Kata Menkes. Semoga artikel tersebut bermanfaat dan bisa memperbanyak pandangan sobat semua. Salam de Nature.